About Us | Contact | Disclaimer | Privacy Policy | Sitemap

Cara Membedakan Batu Bacan Asli dan Palsu

Cara Membedakan Batu Bacan Asli atau Palsu - Mahalnya batu yang berasal dari tanah halmahera ini tentu tak terlepas dari nilai manfaat yang ada dibatu tersebut. Bahkan kini tercatat permintaan akan batu bacan terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Hal tersebut tentu menjadi salah satu hal motif banyak beredarnya batu bacan palsu, karena memang keuntungan yang berlipat tentu sangat menggiurkan. Lebih parahnya lagi versi palsu ini sangat mirip dengan yang aslinya, bahkan para kolektorpun terkadang masih kesulitan untuk membedakan mana yang asli dan palsu.

Namun sebenarnya ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk membedakan mana batu bacan asli dan palsu dengan cara sederhana.

Hal ini memang terlihat sederhana namun terkadang juga masi belum mampu untuk menunjukkan apakah bacan tersebut asli atau palsu, tapi yang pasti ini cara yang paling manjur berikut informasinya.

Cara Membedakan Batu Bacan Asli dan Palsu
Cara Membedakan Batu Bacan Asli dan Palsu

Cara Membedakan Batu Bacan Asli Atau Palsu

  • Cara pertama : Menggireskan batu bacan pada kaca atau cermin. Batu bacan dengan tingkat kekerasan 7 skala mohs mampu menggores kaca. Jika kaca itu tergores bisa dikatakan batu itu asl
  • Kedua: Melihat batu bacan dengan kaca pembesar. Cara ini banyak dilakukan terhadap berbagai jenis batuan kristal. Batu bacan asli jika dilihat menggunakan kaca pembesar lalu disinari (senter) akan terlihat kotoran atau serat didalamnya atau ada semacam bercak walaupun hanya sedikit sedangkan yang palsu akan terlihat mulus tanpa noda.
  • Ketiga: Jika batu bacan dipanaskan menggunakan api akan keluar minyak, namun setelah dilap mengguanakan kain akan kembali seperti semula mengkilap. Sedangkan yang sintetis atau palsu tetap meninggalkan bekas warna agak kusam.

Baca Juga: Khasiat Batu Bacan

Namun, meskipun sudah menunjukkan ciri-ciri seperti yang telah disebutkan diatas, tetap bukan jaminan bahwa batu bacan itu benar-benar asli. Untuk memastikan keasliannya bisa menggunakan alat pengetes Diamond Selector yang berfungsi mengetahui tingkat kekerasan batu atau bisa melakukan uji laboratorium.

Demikian informasi seputar Tips Membedakan Batu Bacan Asli atau Palsu dari Harga Batu Cincin, Semoga Bermanfaat

0 Response to "Cara Membedakan Batu Bacan Asli dan Palsu"

Posting Komentar